Langsung ke konten utama

Rekrutmen PLN – 2/8 Tes Akademik dan Bahasa Inggris (Akding)


Bismillah

Menunggu memang (sering kali) tidak menyenangkan, apalagi menunggu pengumuman yang akan menentukan nasib kita selanjutnya. Saya memilih untuk tidak terlalu menunggu hasil dari Seleksi Online yang telah saya lakukan tempo hari, dan memang begitu seharusnya. Tak perlu risau dengan sesuatu yang memang diluar jangkauan kita. Cukuplah berdoa dan selalu berpikir positif. Maka ketika kabar gembira itu datang, kita tidak akan terbawa perasaan senang yang berlebihan. Dan jika memang belum lolos, perasaan sedih tidak akan berlarut. Menurut saya sih, ehe.

Kabar gembira yang datang tanpa ditunggu – tunggu merupakan kabar gembira yang menyenangkan. Betul saja, di siang hari yang terik, seorang teman cukup berisik ketika memberitahu bahwa dirinya mendapat email dari PLN. Sedikit cemas, saya buka juga inbox email saya, dan benar saja terdapat sebuah email masuk. “Ah, ini dia penentuan langkah selanjutnya” kata hati saya. Kemudian saya klik email cinta dari PLN itu, dan ternyata mengarahkan saya untuk membuka website resmi rekrutmen. “Hm, ngajak olahraga jantung ini email”. Kemudian saya buka rekrutmen.pln.co.id, muncullah berita tersebut. Alhamdullilah masih diberi kesempatan. O tidak, saya tidak akan menjerit kesenangan atau menangis sesengukan, cukup berucap alhamdullilah dan sedikit senyuman tersungging di bibir.

Email Cinta PLN

Arahan lebih lanjut turut mengikuti pengumuman tersebut, bahwa khusus rekrutmen daerah Jogja akan melewati Tes Akademik dan Bahasa Inggris terlebih dahulu (rekrutmen daerah lain melewati tes GAT terlebih dulu). Tes Akding ini akan dilaksanakan di JEC Jogjakarta pada hari Rabu tanggal 22 Maret 2017 jam 13.00, selang 5 hari dari pengumumannya. Arahan yang diberikan juga mengharuskan peserta mencetak kartu peserta dari website resmi rekrutmen. Kartu peserta ini merupakan hal wajib yang harus dibawa selama rekrutmen PLN. Dan beberapa instruksi lain yang harus diperhatikan. Baca. Pahami. Lakukan.

Pengumuman Tes yang Berisi Instruksi

Tes Akding ini dilakukan dalam sehari, dengan waktu pengerjaan soal sekitar 2 jam untuk 100 soal (50 soal akademik dan 50 soal bahasa inggris). Sebagai persiapan, saya coba bertanya ke senior saya yang telah diterima PLN dan membaca beberapa pengalaman orang lain yang ditulis di blog. Intinya, tes akademik merupakan ujian pengetahuan dasar dari setiap jurusan para calon pegawai PLN. Jika anda jurusan elektro, maka siap – siap dengan soal elektro, karena saya jurusan Teknik Lingkungan maka soal tes akan berupa materi Teknik Lingkungan. Oiya, sebelum mengikuti tes, jangan lupa untuk konfirmasi kehadiran di website rekrutmen.

Seingat saya, tes akademik berisi 
  1. beberapa peraturan dalam teknik lingkungan (B3, K3, limbah cair, dsb)
  2. tentang logam berat
  3. tentang efek rumah kaca
  4. tentang PLTU PLTG PLTGU 
  5. dan beberapa pengetahuan lain yang saya lupa.

 Pengerjaan soal pada Tes Akding ini diberikan sebuah peraturan, yakni jika menjawab benar bernilai 4, jika salah minus 1, jika tidak diisi maka bernilai 0. Sebuah peraturan yang menegangkan kan? Apalagi soalnya cukup sulit dan banyak yang saya tidak tahu, hahaha. Betul, ketika anda tidak tahu, jangan pusing, jangan bingung. Cukup tersenyum saja dan bismillah, mohon semoga diberi petunjuk oleh Yang Di Atas. Soal sebanyak 50 butir, pada akhirnya saya kerjakan 25 soal saja. Iya, 25, itupun ada beberapa soal yang ragu.

Satu jam berikutnya, soal bahasa inggris saya libas habis, semuanya saya isi. Bukan, bukan karena saya keturunan orang Inggris yang paham bahasa Inggris, namun saya telah memperkirakan nilai yang sekiranya akan saya dapatkan. Oiya, soal bahasa Inggris ini kemungkinan cukup serupa dengan soal di rekrutmen sebelumnya. Soal berupa bacaan, kemudian dari bacaan tersebut beberapa pertanyaan dimunculkan. Jumlah soal sama 50 butir, pilihan ganda. Sebisa mungkin di Tes Bahasa Inggris ini kita maksimalkan nilainya.

Sebagai penutup, beberapa saran singkat dari saya untuk kamu yang kebetulan membaca, ehe. 
  1. Persiapkan tes ini sebaik mungkin, mulai dari materi hingga alat tulis.
  2. Jangan berbuat curang, apapun bentuknya, karena selain tidak berkah, nama anda bisa langsung dicoret dari proses rekrutmen. Cukup percaya pada diri anda sendiri.
  3. rajin bertanya kepada pendahulu dan banyak membaca pengalaman orang, 
  4. catat dan buat rangkuman dari perkiraan materi, 
  5. Perbanyak vocabulary, sering - sering membaca bacaan dalam bahasa Inggris atau berlatih soal - soal dari buku
  6. tidak perlu memaksakan diri menjawab setiap pertanyaan, karena sistem poin yang berlaku, pandai - pandailah dalam memilih soal mana yang harus dikerjakan.
  7. jangan panik, jangan bingung, sesungguhnya kondisi yang santai akan membuat otak lebih jernih dalam berpikir.
  8. datanglah lebih awal (jadwal saya 13.00 namun jam 10.00 saya sudah di lokasi), selain membuat kita santai, bisa digunakan untuk mempelajari lagi rangkuman yang telah dibuat.

Terakhir, perbanyak ibadah dan berbuat kebaikan, kebaikan sekecil apapun pasti akan mendapat balasan dari Sang Pencipta dan siapa yang tahu jika balasan tersebut akan diberikan ketika kita mengerjakan soal ujian ?

Alhamdullillah

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekrutmen PLN – 3/8 Tes Adaptif PLN (TAP)

Bismillah Menyenangkan ketika sebuah kepastian telah diberikan dari awal, yap, pihak rekrutmen memberitahukan bahwa dalam 3 hari kedepan hasil dari Tes Akding akan diumumkan. Seperti momen sebelumnya, saya memilih untuk tidak terlalu memikirkan hal ini. Biarlah kabar gembira datang dengan tiba – tiba, ehe. Meskipun harap – harap cemas juga sebenarnya karena soal Tes Akding lebih banyak zonk. Tapi selalu berpikiran optimis dan tawakal merupakan penenang hati yang cukup ampuh. Pengumuman kembali datang tanpa disangka, ehe, dan alhamdulillah !. Masih diberi kesempatan untuk meneruskan langkah, dan kawan – kawan seperjuangan saya juga masih banyak tembus. Sebuah informasi, p eserta yang lolos pada tahap Tes Akding berjumlah 3.614 peserta. Pada tahap TAP ini, peserta yang dapat mengikuti hanya berjumlah 48% dari jumlah awal, yaitu sebanyak 1.735 peserta.  Seperti biasa, bersamana dengan pengumuman hasil tes, ada arahan untuk tes selanjutnya dan lampiran peserta yang lolos. Menur

Rekrutmen PLN – 5/8 Tes Fisik

Menunggu terkadang menyebalkan, tapi darimana kita belajar sabar jika tak pernah merasakan menunggu sesuatu?. Pengumuman tes PLN selanjutnya untuk kali ini terasa lama, atau memang lama sih. Setelah selesai psikotes pada tanggal 3 April, pengumuman dijanjikan sekitar 2 minggu, seingat saya. Namun setelah 2 minggu berlalu, pengumuman yang ditunggu tak kunjung muncul. Sedikit resah, namun berharap besar. Berharap tentu harus, namun harus siap jika terjatuh. Akhirnya yang ditunggu menampakkan diri. Berawal dari pesan singkat kawan saya, bertuliskan “Alhamdullilah”, saya terkejut dan dengan tangan gemetar (apasih lebay) saya segera membuka website rekrutmen. Dan ternyata benar, saya masih lanjut, masih diberi keberuntungan. Alhamdullilah. Psikotes telah berlalu, maka saya harus bersiap untuk ujian selanjutnya. Proses seleksi berikutnya yakni tes fisik, iya, tes fisik. Kami harus melakukan lari 12 km, push up 100 kali, sit up 100 kali, pull up 20 kali, berenang 200 meter, tapi itu hany